Visi, Misi, Tujuan Dan Sasaran

A. VISI DAN MISI

VISI

Menjadi Program Studi unggulan dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia di provinsi banten dan Indonesia yang bermartabat dan berwawasan global pada tahun 2025.

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan Teknik Informatika yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika untuk menghasilkan lulusan dengan kualitas tinggi.
  2. Mengupayakan dan menghasilkan kegiatan penelitian dan pengembangan yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang bersifat pemecahan masalah-masalah masyarakat, industri dan mampu memperbesar kapasitas dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi teknik informatika secara daerah dan nasional.
  4. Mendidik generasi yang siap menghadapi perubahan global dengan menguasai keahlian ilmu pengetahuan dan teknologi Informatika berlandaskan keimanan dan ketaqwaan.

B. TUJUAN

Tujuan Program Studi Teknik Informatika adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang bermutu tinggi dalam bidang keahlian teknik informatika.
  2. Relevansi kurikulum dan peningkatan mutu proses pembelajaran teknik informatika.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam melakukan jaringan computer, multimedia, pemrograman internet, dan desain web serta teknik informatika lainnya.
  4. Wawasan usaha, ketrampilan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama secara multi disiplin.
  5. Menciptakan peluang dan menghasilkan penelitian dan pengembangan yang bereputasi internasional.
  6. Membangun dan mempromosikan keanekaragaman kompetensi keteknik-informatikaan.
  7. Setiap staf pengajar terpanggil untuk memperkaya dan memperdalam kompetensi di bidangnya masing-masing..
  8. Menyejajarkan diri pada posisi unggul di Propinsi Banten dan Indonesia.
  9. Memperkuat kelembagaan sejalan dengan pemberdayaan staf pengajarnya.
  10. Peningkatan peran, fungsi dan kontribusi Teknik Informatika dilingkungan Universitas Serang Raya dan masyarakat luas.
  11. Menumbuhkan komitmen sivitas akademika yang tinggi.
  12. Mengupayakan iklim akademik yang kondusif.
  13. Mendorong peran Program Studi Teknik Informatika Universitas Serang Raya.
  14. Berupaya dalam mendukung bagi terkondisinya Universitas Serang Raya sebagai pusat pengembangan sains, teknologi dan seni yang unggul, handal, dan bermartabat.

C. KURIKULUM PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

Kompetensi Kurikulum yang dihasilkan:

Kurikulum teknik informatika diarahkan untuk memahami dan menguasai pengetahuan dasar teknik informatika bagi calon sarjana teknik informatika agar memiliki basis yang kuat dalam bidang keilmuan teknik informatika secara umum dan kemampuan spesifik dalam satu kekhususan bidang keahlian. Sejalan dengan visi Universitas Serang Raya dan visi Fakultas Teknologi Informasi maka

kurikulum tidak hanya diarahkan kepada keunggulan keilmuan tetapi juga menjadi kurikulum yang memperhatikan kebutuhan infrastruktur dan dunia usaha pada umumnya.

Kurikulum teknik informatika  dikelompokkan de dalam 5 (lima) kelompok mata kuliah, yaitu: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Jumlah bobot sks yang harus ditempuh oleh mahasiswa adalah 155 satuan kredit semester (155 sks)

D. POLA PENGAMBILAN MATA KULIAH

Pola pengambilan mata kuliah adalah mata kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa yang akan dikontrak/dipelajari untuk memenuhi satuan kredit pada setiap semesternya. Mata kuliah yang akan dikontrak di isikan pada kartu rencana studi (KRS) sebagai bukti bahwa mahasiswa mengambil mata kuliah tersebut dan KRS ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik serta ketua program studinya.